Tuesday, July 16, 2013

5 PERAWATAN KECANTIKAN YANG BISA MENGANCAM KESEHATAN


Berbagai macam perawatan kecantikan yang ditawarkan oleh salon terkadang membuat kita kurang memperhatikan bahaya apa yang mungkin timbul. Tidak banyak yang mengetahui bahwa ternyata perawatan yang kita temukan di setiap salon ini dapat membahayakan diri.


Berikut berbagai bahaya yang dapat timbul jika kita tidak berhati-hati dalam melakukan perawatan, seperti yang dilansir Huffingtonpos, Selasa (16/7/2013).

1. Ear Candle

Telinga terasa penuh, pendengaran terhambat, mungkin sangat mengganggu dan salon punya solusinya. Ear candle merupakan sebuah perawatan yang ditawarkan oleh salon, dengan membakar lilin sepanjang 10 inci pada bagian ujung atasnya, yang bertujuan untuk menghilangkan kotoran dalam telinga dan racun, serta untuk memperbaiki pendengaran.
Sayangnya, tidak banyak yang tahu bahwa ear candle berbahaya. Para ahli memperingatkan bahaya dari prosedur dari ear candle dapat sangat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius, termasuk terbakar, bolong pada gendang telinga dan telinga tersumbat.


2. Wax Alis
Tidak hanya bentuk yang tidak sesuai, bahaya jangka panjang yang dapat terjadi jika melakukan wax alis berulang kali dapat mengakibatkan bahaya permanen pada kantung bulu alis, sehingga alis dapat berhenti tumbuh.
Selain itu jika Anda menggunakan krim retinoid (untuk jerawat atau kerutan) pada area di sekitar wajah, kulit dapat lebih rapuh, dan pada akhirnya mudah sobek atau terbakar.


3. Gel Manicure
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Dermatology, perawatan gel manicure yang populer ini menggunakan sinar UV-A pada seluruh prosesnya, di mana hal ini dapat menyebabkan kanker kulit. Tidak hanya itu, gel manicure juga memiliki kemungkinan untuk menjadi penyebab kerusakan saraf.


4. Wax Bikini
Tidak hanya membuat wanita merasa lebih percaya diri, wax bikini juga dapat menghasilkan segala bentuk risiko kesehatan. Seperti wax pada alis, wax bikini juga dapat membuat kulit terbakar, menimbulkan penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur.


5. Facial
Facial yang tidak hati-hati dapat menghasilkan masalah yang serius, seperti infeksi atau kulit terbakar. Agar tetap aman, disarankan Anda mengecek ketiga hal ini:
1. Apakah yang akan melakukan prosedur facial pada wajah Anda adalah ahli kulit?
2. Jika pekerja menggunakan alat elektronik atau perawatan kimia, perhatikan apakah pekerja sudah benar-benar dapat menggunakan alat tersebut?
3. Apakah salon yang Anda datangi terjaga kebersihannya?













*detikhealth

0 comments:

Post a Comment

Komentar dengan menggunakan bahasa yang sopan ya gan :)